Yaa Syaikh Kamba...

Subuh kemarin dikejutkan dengan kabar berpulangnya Syaikh Muhammad Nursamad Kamba, guru, Marja', rujukan di Maiyah. Kabar tersebut saya lihat saat menggulir linimasa Instagram, saya terkejut sembari hanya berkata ah-eh, yang lalu mengucap kalimat istirja dan istighfar. Beberapa waktu sebelumnya memang telah mengetahui kabar bahwa beliau sedang sakit, sempat berpikir telah sembuh seiring selesainya beliau menulis buku terbarunya. Namun, Syaikh Kamba akhirnya berpulang kembali kepada Allah. 

Sedih, duka, kehilangan. Ada lubang besar seiring kepergian beliau. Seorang rujukan yang acapkali menguraikan pemaparannya yang segar, orisinil, sistematis, barangkali dipengaruhi juga oleh status beliau sebagai dosen aktif. Suaranya khas dengan intonasi yang cenderung datar. Perlu fokus yang lebih kala menyimak uraian beliau yang memang kadang cukup panjang. 

Saya lupa kapan pertama kali menyimak beliau di Maiyahan, karena awalnya tentu saja ingin menyimak Mbah Nun. "Persentuhan" dengan beliau malah lebih asyik kala saya mulai membaca bukunya serta buku yang beliau terjemahkan. Buku beliau memberikan pemahaman yang segar bagi saya. Kedalaman ilmu beliau dan renyahnya penyampaian di bukunya membuat saya lebih antusias saat beliau hadir di Maiyahan Kenduri Cinta. Seingat saya, terakhir kali menyimak beliau secara langsung adalah saat di Kenduri Cinta edisi Februari 2020. Selepas itu baru mendengarkan beliau lagi saat penggiat Kenduri Cinta mengadakan live bersama beliau di Instagram. Kala itu berbaju putih -khas beliau- dengan sarung, hanya 20 menit, singkat namun padat.


***

Hingga kini saya masih terkejut, kehilangan. Saya hanya bisa menggelengkan kepala, beristighfar serta mendoakan beliau kala saya melihat wajah beliau di unggahan-unggahan di media sosial. Linimasa Twitter ramai dengan tagar #MaiyahBerduka yang menjadi trending topic yang organik. Orang-orang kehilangan beliau. Satu unggahan yang amat menarik bagi saya adalah ketika Mbah Tejo (Sujiwo Tejo) yang juga karib beliau, melantunkan lagu Titi Kolo Mongso (Pada Suatu Ketika), sesuai wasiat Syaikh Kamba. Mbah Tejo lantas mensisipinya dengan membaca ayat ke-27 hingga ke-30 surat Al-Fajr.

Kehilangan amat mendalam yang mesti disalurkan menjadi doa untuk beliau.
Yaa... Syaikh Kamba...


Di dalam jiwa saya dan semua Jamaah Maiyah, pagi ini terdapat lubang sangat besar. Lubang duka tak terkira. Lubang hampa. Lubang derita. Tapi semoga Allah akan mengisinya dengan makna.
-Emha Ainun Najib

No comments: