Harga Sama, Pilih Mana? Forerunner 45 versus Venu Sq Non-Music

Harga Sama, Pilih Mana? Forerunner 45 versus Venu Sq Non-Music




Garmin dengan berbagai line-up jamnya terkadang membingungkan bagi sebagian orang. Terkadang ada beberapa jam yang memiliki harga yang sama atau tidak begitu jauh yang bisa membuat kita bingung mau memilih yang mana. Nah, salah satu yang sama dari segi harga namun berbeda fitur adalah Forerunner 45 (rilis tahun 2019) dan Venu Sq Non-Music (rilis tahun 2020). Melihat dari seri pun tentu saja ada perbedaan fokus jam, seri Forerunner cocok bagi mereka yang lebih membutuhkan fitur untuk berlari, sementara Venu begitu menarik dari tampilan tanpa melupakan fitur olahraga standar


Forerunner 45 dan Venu Sq Non-Music sama-sama dijual dengan harga Rp3.199.000, keduanya menjadi jam termurah dari masing-masing seri. Di seri Forerunner, upgrade selanjutnya adalah Forerunner 245 yang dijual seharga Rp4.799.000 untuk seri non-music dan Rp5.549.000 untuk seri music. Sementara di atas Venu Sq non-music, terdapat Venu Sq Music seharga Rp3.999.000 dan Venu seharga Rp5.499.000. Nah, cukup untuk informasi harga, lalu bagaimana dari segi fitur kedua jam ini?




Tampilan Fisik dan Daya Tahan Baterai

Tampilan jam adalah hal pertama yang mudah dibandingkan, Forerunner 45 memiliki bentuk lingkaran sebagaimana hampir semua jam Garmin, sementara Venu Sq Non-Music berbentuk persegi (rounded) yang nampak begitu berbeda dari jam Garmin lainnya. Forerunner 45 menggunakan material kaca (chemically-strengthened glass) sementara Venu Sq Non-Music sudah menggunakan Corning® Gorilla® Glass 3. Segi layar, Forerunner 45 masih menggunakan memory-in-pixel (MIP) dengan resolusi 208x208 pixels, sementara Venu Sq Non-Music telah menggunakan liquid crystal alias LCD dengan resolusi 240x240x pixels yang tentu saja memiliki ketajaman warna yang lebih jelas dan terang. 

Untuk navigasi layar, Venu Sq Non-Music menggunakan touchscreen yang dilengkapi dengan dua tombol di kanan, sementara Forerunner 45 menggunakan lima tombol: dua di kanan, tiga di kiri. Mana yang lebih baik? Untuk hal ini kembali ke kenyamanan pengguna, ada yang lebih nyaman dengan tombol tanpa touchscreen, ada juga yang lebih nyaman dengan touchscreen.


Di segi bezel, Venu Sq Non-Music menggunakan bahan anodized alumunium yang nampak lebih mewah dibanding polymer di Forerunner 45. Sementara untuk berat hanya terpaut 1.6 gram, Forerunner 45 memiliki berat 36 gram, sementara Venu Sq Non-Music memiliki berat 37.6 gram.


Bila melihat dari segi tampilan fisik, jelas Venu Sq Non-Music memiliki keunggulan dibanding Forerunner 45. Layar LCD dengan resolusi yang lebih tinggi serta bezel yang lebih premium jauh di atas Forerunner 45 yang masih menggunakan MIP. Sementara daya tahan baterai Venu Sq Non-Music diklaim dapat bertahan hingga 14 jam saat menggunakan mode GPS, sementara Forerunner 45 bertahan hingga 13 jam di mode serupa, maka keduanya masih sanggup untuk dibawa berlari dengan jarak Marathon.

Pemenang: Venu Sq Non-Music



Fitur Jam/Waktu

Beralih ke fitur dasar jam, keduanya sama-sama memiliki fitur tanggal/waktu, sinkronisasi waktu dengan GPS, alarm, timer, stopwatch serta automatic Daylight Saving Time (DST). Perbedaan hanya di Venu Sq Non-Music yang memiliki fitur Sunrise/sunset times, fitur yang tidak begitu esensial sehingga bagi saya tidak menjadi masalah Forerunner 45 tidak memiliki fitur ini.

Pemenang: Venu Sq Non-Music



Fitur Kesehatan

Di fitur kesehatan, kedua jam ini memiliki banyak fitur serupa dari mulai deteksi denyut jantung (fitur Garmin Elevate), respiration rate, fitness age, stress tracking, sleep tracking, hydration tracking, menstrual cycle, body battery energy monitor, hingga relaxation reminders. Perbedaan terletak di fitur Pulse Ox yang hanya ada di Venu Sq Non-Music, fitur yang berfungsi untuk mengestimasi saturasi darah.

Pemenang: Venu Sq Non-Music



Sensor

Masuk ke segi sensor, lagi-lagi Venu Sq Non-Music unggul dibanding Forerunner 45. Kedua jam ini memang sama-sama dilengkapi sensor GPS, Galileo, GLONASS, Garmin Elevate, serta akselerometer, namun Venu Sq Non-Music memiliki sensor kompas, Pulse Ox, serta ambient light sensor karena layar LCD nya. 

Pemenang: Venu Sq Non-Music


Daily Smart Features

Untuk segi fitur harian, keduanya sama-sama dilengkapi Bluetooth, ANT+, kalender, cuaca, notifikasi dari smartphone, find my watch, find my phone serta sama-sama bisa digunakan untuk mengontrol musik di smartphone. Perbedaan terletak di ketersediaan fitur Garmin Connect IQ; Forerunner 45 hanya bisa mengunduh tampilan jam (watch faces) saja sementara Venu Sq Non-Music bisa mengunduh berbagai aplikasi, watch face, serta data fields yang lebih kaya. Satu perbedaan lainnya adalah adanya fitur Garmin Pay di Venu Sq Non-Music, namun karena fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia (karena belum ada bank yang bekerjasama dengan Garmin untuk fitur ini), maka seolah-olah tidak menjadi perbedaan berarti untuk fitur Garmin Pay di kedua jam ini.

Pemenang: Venu Sq Non-Music



Fitur Gym dan Fitness

Masuk ke fitur olahraga yang pertama yakni gym dan fitness, Venu Sq Non-Music kembali unggul di atas Forerunner 45. Sementara Forerunner 45 hanya dilengkapi fitur kardio, eliptikal, stair stepping, Venu Sq Non-Music selain dilengkapi tiga fitur tersebut juga dilengkapi dengan yoga, pilates, indoor rowing, breathwork serta automatic rep counting. Untuk segi ini bergantung kebutuhan kita, bila kita memerlukan fitur yoga dan pilates, Venu Sq Non-Music menjadi pilihan.

Pemenang: Venu Sq Non-Music



Fitur Olahraga Lari

Di fitur utama ini keduanya memilki fitur yang sama, yakni selain pelacakan dengan GPS, juga bisa mendeteksi cadence. Selain itu keduanya juga bisa digunakan untuk treadmill running, kompatibel dengan foot pod serta memiliki run workouts yang dapat dibuat/diunduh dari Garmin Connect. Melihat fitur ini agak membingungkan ketika Venu Sq Non-Music malah memiliki fitur yang sama dengan Forerunner 45, padahal mestinya Forerunner 45 lebih memiliki fitur yang lebih banyak untuk berlari.

Pemenang; -



Fitur Bersepeda

Untuk fitur bersepeda, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk outdoor dan indoor biking. Keduanya juga sama-sama dilengkapi speed and cadence support serta alerts untuk waktu, jarak, kalori, dan detak jantung. Perbedaannya, Venu Sq Non-Music kompatibel dengan Varia radar dan Varia lights, kedua produk lain dari Garmin.

Pemenang; Venu Sq Non-Music



Fitur Berenang

Cukup mengecewakan ketika Forerunner 45 tidak memiliki fitur untuk berenang, meski tahan di air dengan rating 5ATM, namun Forerunner 45 tidak bisa melacak aktivitas berenang sama seperti pendahulunya, Forerunner 35. Sementara Venu Sq Non-Music dapat melacak aktivitas berenang (hanya di kolam renang) lengkap dengan jarak, laju, waktu, kalori, efektifitas berenang, deteksi denyut jantung meski saat berenang (dalam air) serta deteksi gaya berenang. Di segi ini jelas Venu Sq Non-Music unggul.

Pemenang; Venu Sq Non-Music



Fitur Golf

Kembali, di fitur golf pun Venu Sq Non-Music unggul karena Forerunner 45 tidak memiliki fitur ini. Namun memang kembali ke penggunaan, bila memang akan digunakan untuk golf, Venu Sq Non-Music menjadi pilihan tepat. 

Pemenang; Venu Sq Non-Music




Fitur Latihan, Perencanaan, dan Analisis

Di fitur ini kembali saya bingung dengan Foreruner 45 yang hanya memiliki fitur dasar dan hampir serupa dengan Venu Sq Non-Music. Keduanya sama-sama memiliki fitur HR Zones, HR alerts, HR broadcast (via ANT+), GPS speed and distance, customizable data pages, customizable activity profiles, auto pause, auto lap, advance workouts, downloadable training plans, VO2 Max, activity history, serta Garmin Physio True-Up. Perbedaannya Venu Sq Non-Music memiliki fitur HR calories, % HR Max, serta respiration rate saat yoga dan breathwork.

Pemenang; Venu Sq Non-Music



Fitur Keamanan dan Pelacakan Aktivitas

Kedua jam ini sama-sama dilengkapi fitur penghitung langkah (step counter), auto goal atau target langkah harian yang diatur secara otomatis, kalori yang dibakar, intensity minutes, move bar atau pengingat untuk bergerak/berjalan apabila kita terlalu lama diam, distance traveled, serta fitur Garmin TrueUp dan Garmin Move IQ. 


Sementara untuk segi keamanan, keduanya dilengkapi fitur Livetrack (dapat membagikan posisi kita saat berlari secara langsung ke kontak tertentu yang telah diatur sebelumnya, fitur ini memerlukan koneksi ke smartphone yang tersambung ke internet), Assistance, serta fitur pendeteksi insiden ketika merekam aktivitas. 

Pemenang; -



Fitur Aktivitas Luar Ruangan

Untuk fitur ini, Venu Sq Non-Music kembali unggul karena dilengkapi fitur skiing, snowboarding, XC skiing, stand up paddleboarding, rowing serta back to start. Sementara Forerunner 45 tidak memiliki fitur outdoor tersebut. Meski Venu Sq Non-Music unggul, namun dari segi penggunaan kembali kepada kebutuhan.

Pemenang; Venu Sq Non-Music




Kesimpulan

Forerunner 45 rilis pada April 2019, sementara Venu Sq Non-Music rilis pada September 2020. Dijual dengan harga yang sama, nyatanya Venu Sq Non-Music memiliki fitur yang jauh lebih unggul daripada Forerunner 45. Kekurangan terbesar dari Forerunner 45 adalah ketidaktersediaan fitur perekaman aktivitas berenang. Kekerugan selanjutnya adalah di fitur berlari yang diharapkan Forerunner 45 mestinya memiliki fitur yang lebih kaya dibanding Venu Sq Non-Music, namun pada kenyataannya malah memiliki fitur yang serupa. Venu Sq Non-Music juga telah dilengkapi sensor Pulse Ox untuk mengestimasi saturasi darah, 


Kekurangan selanjutnya dari Forerunner 45 adalah hanya bisa mengunduh watch faces dari Garmin Connect IQ, sementara Venu Sq Non-Music bisa mengunduh berbagai watch faces, aplikasi, serta data fields yang bisa memperkaya perekaman aktivitas kita. 


Nyatanya dengan harga serupa di Rp3.199.000, Venu Sq Non-Music begitu unggul apalagi dengan tampilan layar dan fisik yang jauh lebih menarik. Saat Venu Sq Non-Music akan dirilis, harga Forerunner 45 pun sempat turun ke harga Rp2.899.000 beberpaa beberapa waktu sebelumnya. Menariknya, harga pre-order Venu Sq Non-Music pun berada di angka Rp2.899.000 sebelum di harga normal. 


Demikian perbandingan dari Forerunner 45 dan Venu Sq Non-Music. Harga sama, pilih mana? Tentu saja saya pribadi akan memilih Venu Sq Non-Music. Semoga bermanfaat dan selamat berlari!

2 comments:

  1. Terima kasih, sy memang sedang mencari review tth kedua jam ini. Sukses terus Pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak, semoga bermanfaat dan memberi gambaran mengenai kedua jam ini.
      Selamat berlari!

      Delete