Tentang

Dengan berusaha untuk terus merendahkan hati, izinkanlah saya untuk berbicara melalui medium tulisan ini. 

Hello!
I am, Firman Maulana, currently studies Mathematics in Universitas Padjadjaran (Unpad), Indonesia. Well, some people may say, "Wow, Mathematics! Fantastic!" or be like "I believe you are very smart!", some people also maybe had a bad experience in Maths so they hate it :D. But, I think it's not bad as many people think, maybe I'll write about Maths later.

I like football (or futsal), also I like books (maybe a little bibliophile) and writing. I have two blogs, the first one (in Bahasa Indonesia) already exist since 2009 and still going. My second blog is what you just visited now, this blog maybe more personal that my first blog. I also want to write some books, well I hope I can make it as soon as possible :D.

I am born and live in Bandung, a nice city and called "Parijs van Java" because its beauty. Bandung have many tourism objects, from natural objecst, culinary, fashion, museums, parks, and many more. I'll write about it later.

You can connect to my social media by clicks the logo in sidebar or simply scan QR-Code below. Thanks!
qr code

Saya mencoba untuk kembali (lagi) membuat blog, menulis atau tepatnya berbicara dan bercerita melalui tulisan, sejatinya bukan karena tulisan-tulisan ini layak untuk dibaca, karena belum tentu pula ada manfaat langsung yang dapat diperoleh yang membacanya. Kembali membuat blog, membuat tulisan, bagi saya, adalah suatu kebutuhan jiwa. Tulisan adalah media bagi saya untuk berekspresi, berbicara, bercerita tentang banyak hal, yang tak terikat oleh waktu, dalam arti saya bisa bebas mengekspresikan diri ke dalam tulisan.

Kebutuhan bercerita dan berbicara ini perlu saya penuhi, apalagi seiring umur yang bilangannya bertambah sekaligus berkurang jatahnya, bertambahnya pengalaman, wawasan, pengetahuan yang tak bisa untuk disimpan sendiri. Seolah-olah ada sesuatu yang mesti diceritakan kembali, tidak hanya disimpan sendiri, agar tidak 'meledak'. Bagi saya, barangkali bisa 'gila' bila tak bercerita.

Sekali lagi, bukan berarti apa yang ditulis di sini layak untuk dibaca, pun saya tidak tahu juga ada yang baca atau tidak. Kalau pun ada yang membacanya, maka sesungguhnya saya sedang memperlihatkan keterbatasan diri dan menunjukkan pengetahuan yang seadanya, yang tentu tidak ada apa-apanya. 

Sejujurnya pun, saat menulis di sini terpikir juga adakah yang bakal membaca selain saya pribadi? Karena andai tujuan saya adalah hanya agar tulisan saya dibaca orang lain, maka lebih mudah mencapainya melalui sosial media: membuat tulisan di Line Messenger, menulis di keterangan gambar yang saya unggah di Instagram, atau menulis di Facebook. Pilihan-pilihan itu lebih mudah diakses oleh orang lain ketimbang menulis di media blog. Namun, blog tentu mempunyai kelebihan. Sistem arsip yang ada memudahkan dalam melihat kembali tulisan, lebih mudah juga untuk mengarsipkannya secara manual ke komputer sendiri. Lalu, sebagai media berbagi tulisan, tentu alat dalam hal ini formatting tools tersedia, sehingga memungkinkan untuk misalnya membuat tulisan tebal, miring, dan sebagainya.

Meski lebih untuk kebutuhan sendiri, nyatanya kadang terpikir pula siapa yang akan membacanya? Karena saya tidak yakin banyak orang yang merasa perlu untuk membaca apa yang saya tulis. Memangnya saya ini siapa? Nah ini pertanyaannya. Sungguh saya betul-betul sadar diri, ketika saya ini bukanlah seorang "siapa-siapa", maka tidak banyak alasan bagi orang lain untuk melihat ke sini, hatta bahkan bagi teman-teman yang mengenal saya. Mempromosikan blog ini melalui sosial media yang dimiliki pun tidak begitu membantu, orang lebih senang kepraktisan. Saat dirimu menyapu layar dengan jempol untuk menggulirkan linimasa sosial media, tentu lebih menarik untuk membacanya langsung, daripada mesti menekan tautan lalu berpindah ke aplikasi browser di telepon pintarmu, kecuali ada yang membuatmu tertarik. 

Nah, tidak perlu nampaknya diteruskan pula. Kembali lagi ke tujuan awal, ini tentang kebutuhan diri untuk berekspresi, pun kepuasan saat melihat tampilannya, itu pula yang membuat saya mencoba mencari dan membuat tampilan blog yang sedap untuk dilihat.

Lalu, bagi dirimu yang masih berminat membaca laman ini, perlu saya jelaskan bahwa blog ini adalah blog pribadi saya yang kesekian (setelah blog sebelumnya, baik di multiply yang telah almarhum, atau blog lainnya di blogger) kalinya saya buat. Pada awalnya adalah kumpulan tulisan berbahasa inggris, bukan karena saya bisa berbahasa inggris, tetapi sebagai latihan menulis berbahasa inggris. Namun lama tidak digunakan, maka saya ubah menjadi murni blog pribadi, dengan tampilan yang lebih sederhana, sekali lagi, sebagai media berekspresi. Maka di dalamnya ada beberapa jenis tulisan yang saya masukkan ke rubrik tertentu, sesuai kategorinya, yang bisa jadi bertambah, berkurang atau berganti bergantung keinginan saya.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih bagi sesiapa saja yang telah bersedia membaca laman "Tentang" ini. 

No comments:

Powered by Blogger.